Rabu, 27 Juli 2022

BISNIS ONLINE KELAS 12, BAB 5

 

BAB 5

 

MEMBUAT WEBSITE PEMASARAN PADA PERANGKAT MOBILE

 

 

 

Kompetensi Dasar :

3.14 Menerapkan  website  Bisnis pada perangkat mobile

4.14 Membuat website  Bisnis pada perangkat mobile

 

 

Materi Pembelajaran

A.    Pemasaran Online

           Mobile marketing sangat mendunia pada tahun 80-an dan awal 90-an. Bahkan sampai tahun 2000, marketing menggunakan mobile masih mendominasi promosi semua bisnis. Tehnik marketing tersebut adalah SMS, yang mungkin sampai sekarang masih ada dari kalian yang masih menggunakan SMS untuk berkomunikasi. Walaupun sekarang penggunaan SMS jauh berkurang dibandingkan 5 tahun atau 10 tahun yang lalu, bukan berarti trik marketing ini jauh berkurang. Malah mobile marketing sekarang menjadi salah satu alat marketing yang sangat ampuh. Bab ini akan fokus membahas tentang mobile marketing.

 

B.    Pemasaran Mobile

           Pemasaran mobile adalah penggunaan media seluler berupa handphone atau tablet dengan sistem operasi android atau IOS sebagai alat komunikasi pemasaran. Pemasaran mobile merupakan saluran distribusi dari setiap jenis pesan promosi atau iklan kepada pelanggan melalui jaringan nirkabel. Pemasaran mobile sendiri seperangkat praktek yang memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens mereka secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan.

         Mobile marketing merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan dan mengiklankan produk untuk konsumen sehingga meningkatkat keuntungan dari bisnis apapun. Mobile marketing juga popular sebagai iklan SMS. Hal ini efektif dalam arti bahwa cara ini memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi secara langsung dengan audiens mereka. Ini merupakan promosi interaktif yang sangat relevan dalam iklan saat ini.      Mobile marketing juga dikenal sebagai pemasaran nirkabel. Meskipun belum tentu nirkabel mobile dapat mengasked infomasi yang sama melalui computer desktop di rumah ataupun dikantor.

          Mobile marketing mulai muncul kepermukaan sebagai medium alternatif yang lebih personal dan lebih murah biayanya. Melaui media mobile ini, sebuah perusahaan atau produk dapat memilih target audiens berdasarkan lokasi, kegemaran pengguna, demografi dan lain sebagainya dengan memanfaatkan teknologi mobile tersebut. Beberapa media yang sering digunakan adalah SMS. SMS sendiri memungkinkan perusahaan atau brand mengarahkan produk mereka ke spesifik audiens. Lalu ada juga media lain yaitu aplikasi mobile yang juga bisa diarahkan ke spesifik audiens dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Banyak produk-produk yang sudah memanfaatkan aplikasi mobile untuk mempromokan produk mereka lewat aplikasi games, utility, atau bahkan themes handphone.

C.      Jenis-Jenis Pemasaran Mobile

1.    Sms Marketing

SMS Marketing merupakan Jenis periklanan yang masih awal dan menjadi referensi periklanan sampai hari ini, yang menggunakan Short Message System (SMS) sebagai dasar promosi periklanan. SMS Marketing masih dianggap periklanan yang efektif walaupun perkembangan Media sosial yang terus berkembang. Selain itu, dalam pesan masih menjadi tempat sentral yang sering dibuka ketika membuka sebuah aplikasi. SMS sendiri masih menjadi dasar dalam menggunakan internet dan akses beberapa aplikasi. Penggunaan SMS dapat menguatkan promosi sebab SMS memungkinan orang langsung membacanya, promosi yang baik akan menguatkan usaha promosi menjadi lebih murah dan efektif.

Cara beriklan melalui SMS dapat melalui beberapa cara diantaranya adalah :

1)    Mengamati SMS yang sering dibaca dan menarik perhatian


SMS yang menarik menjadi perhatian bagi para pengiklan, sebab dalam SMS tidak tersedia video, audio, dan gambar. Text menjadi kalimat kunci mensukseskan sebuah iklan di SMS untuk itu membuat kata-kata menarik dalam sebuah iklan SMS menjadi hal yang penting. Penggunaan kata yang tidak terlalu panjang, membuat kata efektif, dan mudah di pahami menjadi syarat sebuah iklan SMS menjadi sukses. Saat ini, SMS Marketing masih dikenakan untuk iklan-iklan seperti pemberian diskon, kuis, dan pengumuman penting perusahaan. Sifat SMS yang langsung ke dalam sebuah perangkat tanpa ada spam dan sebagainya membuat SMS marketing masih diminati ditengah perkembangan teknologi.

2)       Buat List Nomor Handphone Sasaran

Membuat list dan database adalah hal yang utama, membangun jaringan dalam hal ini menjadi penting. Untuk mendapatkan nomor kontak yang aktif tentu banyak digunakan cara dan trik agar nomor yang didapat bukan nomor yang salah atau palsu. Rata-rata SMS masih digunakan untuk mendaftar sebuah website masih menggunakan SMS sebagai alat konfirmasi kode pendaftaran. Tujuannya agar kita mendapatkan nomor yang benar-benar terhubung ke pengguna. Nomor tersebut dapat digunakan untuk beriklan dikemudian hari.

3)       Pemilihan provider yang tepat

Provider memiliki jangkauan pengguna yang berbeda-beda, selain itu dalam sebuah provider terdapat kelas ekonomi bahkan sosial penggunanya. Terdapat provider yang banyak digunakan kalangan remaja, pekerja, bahkan eksekutif tentu pengguna tersebut menggunaka provider yang berbeda. Penggunaan provider yang tepat juga dapat membantu menjangkau banyak konsumen setelah mengetahui siapa yang akan membeli produk kita? Dan berpotensi membeli produk kita. Menggunakan provider yang menggunakan biaya minimalis akan membuat sebuah iklan menjangkau lebih luas sehingga potensi penjualan barang lebih tinggi lagi.

4)       Kata-kata yang tepat dan akurat

Kata yang tepat dan terarah dapat menjadikan konsumen dapat langsung menyerap informasi dan mengambil sebuah tanggapan. Iklan dalam sebuah SMS akan mempengaruhi penjualan selama kata-kata yang digunakan benar-benar efektif dan langsung tertuju kepada maksud perusahaan.

5)    Closing yang terarah

Hal yang terpenting dalam membuat sebuah iklan SMS adalah Closing yang jelas dan dapat dipahami oleh pengguna. Hal ini berkaitan dengan tindakan konsumen bila menginginkan sebuah produk. Kadang ditemukan SMS yang menarik namun ternyata tidak terdapat informasi yang cukup bagaimana cara membeli produk tersebut atau menanyakan bila ada yang kurang jelas. Mencantumkan nomor telephone menjadi hal yang penting dalam membuat closing yang baik. bentuk SMS Promotion, model iklan yang sempat ramai

2.     Aplikasi Mobile

Aplikasi Mobile adalah sebuah alat digital dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang memungkinkan Anda melakukan mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau Handphone. Dengan menggunakan aplikasi mobile, Anda dapat dengan mudah melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari Pemasaran, berjualan, belajar, hiburan, mengerjakan pekerjaan, browsing dan lain sebagainya.

 

 

contoh tampilan mobile yang mempermudah konsumen mengakses. Sumber : https://digitalmarketer.id/traffic/5-langkah-sederhana-untuk-memulai-mobile-marketing)

 

 

3.        M-Commerce

Internet telah membuat kemajuan besar dalam e-commerce selama beberapa dekade terakhir dan perdagangan berbasis web di beberapa negara UE telah menyumbang hampir sepertiga dari total perdagangan, perdagangan seluler juga mengalami perkembangan besar karena berbagai penyebab. Mobile commerce adalah bagian dari e-commerce yang dibuat secara khusus melalui perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet. Selain pembelian dan penjualan barang dan jasa, bentuk perdagangan internet ini juga termasuk pembayaran melalui smartphone dan tablet (pembayaran mobile). Selain itu, M-Commerce juga mentransfer kepemilikan dan hak penggunaan dan memulai transaksi bisnis.

M-commerce salah satu kemudahan dalam bertransaksi (sumber : http://www.blog.brsoftech.com/how-to-mcommerce-boost-your-business/)

4.      QR-Codes

QR Codes menyerupai barcode kecil berbentuk kotak yang bermunculan di semua tempat. Untuk perkenalan lebih dalam mengenai QR Codes, Anda dapat mencari dengan keyword “How QR Codes Can Grow Your Business”. QR mempermudah seseorang untuk mengakses informasi tanpa mencari, hanya tinggal menyorot sebuah kode batang maka informasi yang diinginkan akan ditampilkan. Perangkat mobile memang didesain dengan tampilan yang lebih kecil dan fleksibel sehingga bila tampilan yang dihasilkan sulit dicari maka hal tersebut akan mudah menjadi penyebab gagalnya sebuah pemasaran. QR Codes (atau berkaitan erat dengan EZ Codes, Microsoft Tags, SPARQCodes, dll) dapat di-scan oleh smartphone. Ketika di-scan, mereka akan mengarahkan Anda ke halaman web mobile yang menawarkan kupon diskon, bonus konten, penawaran khusus atau beberapa konten tambahan lainnya.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar