BAB
5
MEMBUAT
WEBSITE PEMASARAN PADA PERANGKAT MOBILE
Kompetensi Dasar :
3.14 Menerapkan website Bisnis pada perangkat
mobile
4.14 Membuat website Bisnis pada perangkat mobile
Materi Pembelajaran
A. Pemasaran
Online
Mobile marketing sangat
mendunia pada tahun 80-an dan awal 90-an. Bahkan sampai tahun 2000, marketing
menggunakan mobile masih mendominasi promosi semua bisnis. Tehnik marketing
tersebut adalah SMS, yang mungkin sampai sekarang masih ada dari kalian yang
masih menggunakan SMS untuk berkomunikasi. Walaupun sekarang penggunaan SMS
jauh berkurang dibandingkan 5 tahun atau 10 tahun yang lalu, bukan berarti trik
marketing ini jauh berkurang. Malah mobile marketing sekarang menjadi salah
satu alat marketing yang sangat ampuh. Bab ini akan fokus membahas tentang
mobile marketing.
B. Pemasaran Mobile
Pemasaran mobile adalah penggunaan
media seluler berupa handphone atau tablet dengan sistem operasi android atau
IOS sebagai alat komunikasi pemasaran. Pemasaran mobile merupakan saluran
distribusi dari setiap jenis pesan promosi atau iklan kepada pelanggan melalui
jaringan nirkabel. Pemasaran mobile sendiri seperangkat praktek yang
memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi dan terlibat dengan audiens mereka
secara interaktif dan relevan melalui perangkat mobile atau jaringan.
Mobile
marketing merupakan cara yang efektif untuk mempromosikan dan mengiklankan
produk untuk konsumen sehingga meningkatkat keuntungan dari bisnis apapun.
Mobile marketing juga popular sebagai iklan SMS. Hal ini efektif dalam arti
bahwa cara ini memungkinkan organisasi untuk berkomunikasi secara langsung
dengan audiens mereka. Ini merupakan promosi interaktif yang sangat relevan
dalam iklan saat ini. Mobile
marketing juga dikenal sebagai pemasaran nirkabel. Meskipun belum tentu
nirkabel mobile dapat mengasked infomasi yang sama melalui computer desktop di
rumah ataupun dikantor.
Mobile marketing mulai muncul kepermukaan sebagai medium alternatif yang
lebih personal dan lebih murah biayanya. Melaui media mobile ini, sebuah
perusahaan atau produk dapat memilih target audiens berdasarkan lokasi,
kegemaran pengguna, demografi dan lain sebagainya dengan memanfaatkan teknologi
mobile tersebut. Beberapa media yang sering digunakan adalah SMS. SMS sendiri
memungkinkan perusahaan atau brand mengarahkan produk mereka ke spesifik
audiens. Lalu ada juga media lain yaitu aplikasi mobile yang juga bisa
diarahkan ke spesifik audiens dengan cara yang lebih menyenangkan dan
interaktif. Banyak produk-produk yang sudah memanfaatkan aplikasi mobile untuk
mempromokan produk mereka lewat aplikasi games, utility, atau bahkan themes
handphone.
C.
Jenis-Jenis Pemasaran Mobile
1. Sms Marketing
SMS Marketing merupakan Jenis periklanan yang
masih awal dan menjadi referensi periklanan sampai hari ini, yang menggunakan
Short Message System (SMS) sebagai dasar promosi periklanan. SMS Marketing
masih dianggap periklanan yang efektif walaupun perkembangan Media sosial yang
terus berkembang. Selain itu, dalam pesan masih menjadi tempat sentral yang
sering dibuka ketika membuka sebuah aplikasi. SMS sendiri masih menjadi dasar
dalam menggunakan internet dan akses beberapa aplikasi. Penggunaan SMS dapat
menguatkan promosi sebab SMS memungkinan orang langsung membacanya, promosi
yang baik akan menguatkan usaha promosi menjadi lebih murah dan efektif.
Cara beriklan melalui SMS dapat melalui beberapa
cara diantaranya adalah :
1) Mengamati SMS yang
sering dibaca dan menarik perhatian
SMS yang menarik menjadi perhatian bagi para pengiklan, sebab dalam SMS tidak
tersedia video, audio, dan gambar. Text menjadi kalimat kunci mensukseskan
sebuah iklan di SMS untuk itu membuat kata-kata menarik dalam sebuah iklan SMS
menjadi hal yang penting. Penggunaan kata yang tidak terlalu panjang, membuat
kata efektif, dan mudah di pahami menjadi syarat sebuah iklan SMS menjadi
sukses. Saat ini, SMS Marketing masih dikenakan untuk iklan-iklan seperti
pemberian diskon, kuis, dan pengumuman penting perusahaan. Sifat SMS yang
langsung ke dalam sebuah perangkat tanpa ada spam dan sebagainya membuat SMS
marketing masih diminati ditengah perkembangan teknologi.
2)
Buat List Nomor Handphone Sasaran
Membuat list dan database adalah hal yang utama,
membangun jaringan dalam hal ini menjadi penting. Untuk mendapatkan nomor
kontak yang aktif tentu banyak digunakan cara dan trik agar nomor yang didapat
bukan nomor yang salah atau palsu. Rata-rata SMS masih digunakan untuk
mendaftar sebuah website masih menggunakan SMS sebagai alat konfirmasi kode
pendaftaran. Tujuannya agar kita mendapatkan nomor yang benar-benar terhubung
ke pengguna. Nomor tersebut dapat digunakan untuk beriklan dikemudian hari.
3) Pemilihan provider yang
tepat
Provider memiliki
jangkauan pengguna yang berbeda-beda, selain itu dalam sebuah provider terdapat
kelas ekonomi bahkan sosial penggunanya. Terdapat provider yang banyak
digunakan kalangan remaja, pekerja, bahkan eksekutif tentu pengguna tersebut
menggunaka provider yang berbeda. Penggunaan provider yang tepat juga dapat
membantu menjangkau banyak konsumen setelah mengetahui siapa yang akan membeli
produk kita? Dan berpotensi membeli produk kita. Menggunakan provider yang
menggunakan biaya minimalis akan membuat sebuah iklan menjangkau lebih luas
sehingga potensi penjualan barang lebih tinggi lagi.
4)
Kata-kata yang tepat dan akurat
Kata yang tepat dan
terarah dapat menjadikan konsumen dapat langsung menyerap informasi dan
mengambil sebuah tanggapan. Iklan dalam sebuah SMS akan mempengaruhi penjualan
selama kata-kata yang digunakan benar-benar efektif dan langsung tertuju kepada
maksud perusahaan.
5) Closing yang terarah
Hal yang terpenting
dalam membuat sebuah iklan SMS adalah Closing yang jelas dan dapat dipahami
oleh pengguna. Hal ini berkaitan dengan tindakan konsumen bila menginginkan
sebuah produk. Kadang ditemukan SMS yang menarik namun ternyata tidak terdapat
informasi yang cukup bagaimana cara membeli produk tersebut atau menanyakan
bila ada yang kurang jelas. Mencantumkan nomor telephone menjadi hal yang
penting dalam membuat closing yang baik. bentuk SMS Promotion, model iklan yang
sempat ramai
2. Aplikasi Mobile
Aplikasi Mobile adalah sebuah alat digital dalam
menyelesaikan masalah dalam kehidupan yang memungkinkan Anda melakukan
mobilitas dengan menggunakan perlengkapan seperti PDA, telepon seluler atau
Handphone. Dengan menggunakan aplikasi mobile, Anda dapat dengan mudah
melakukan berbagai macam aktifitas mulai dari Pemasaran, berjualan, belajar,
hiburan, mengerjakan pekerjaan, browsing dan lain sebagainya.
contoh tampilan mobile yang
mempermudah konsumen mengakses. Sumber : https://digitalmarketer.id/traffic/5-langkah-sederhana-untuk-memulai-mobile-marketing)
3.
M-Commerce
Internet telah membuat kemajuan besar dalam
e-commerce selama beberapa dekade terakhir dan perdagangan berbasis web di
beberapa negara UE telah menyumbang hampir sepertiga dari total perdagangan,
perdagangan seluler juga mengalami perkembangan besar karena berbagai penyebab.
Mobile commerce adalah bagian dari e-commerce yang dibuat secara khusus melalui
perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet. Selain pembelian dan
penjualan barang dan jasa, bentuk perdagangan internet ini juga termasuk
pembayaran melalui smartphone dan tablet (pembayaran mobile). Selain itu,
M-Commerce juga mentransfer kepemilikan dan hak penggunaan dan memulai
transaksi bisnis.
M-commerce
salah satu kemudahan dalam bertransaksi (sumber :
http://www.blog.brsoftech.com/how-to-mcommerce-boost-your-business/)
4.
QR-Codes
QR Codes menyerupai
barcode kecil berbentuk kotak yang bermunculan di semua tempat. Untuk
perkenalan lebih dalam mengenai QR Codes, Anda dapat mencari dengan keyword
“How QR Codes Can Grow Your Business”. QR mempermudah seseorang untuk mengakses
informasi tanpa mencari, hanya tinggal menyorot sebuah kode batang maka
informasi yang diinginkan akan ditampilkan. Perangkat mobile memang didesain
dengan tampilan yang lebih kecil dan fleksibel sehingga bila tampilan yang dihasilkan
sulit dicari maka hal tersebut akan mudah menjadi penyebab gagalnya sebuah
pemasaran. QR Codes (atau berkaitan erat dengan EZ Codes, Microsoft Tags,
SPARQCodes, dll) dapat di-scan oleh smartphone. Ketika di-scan, mereka akan
mengarahkan Anda ke halaman web mobile yang menawarkan kupon diskon, bonus
konten, penawaran khusus atau beberapa konten tambahan lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar