BAB 3
MEMBUAT IKLAN
ONLINE BERBASIS KEY WORD
A.
Keyword
Keyword adalah kumpulan kata-kata yang digunakan untuk menemukan halaman
pada website atau blog. Pemilihan keyword yang tepat akan menentukan posisi
sebuah website atau blog pada pencarian di mesin pencarian seperti google atau
bing. Sehingga keyword merupakan faktor yang penting dalam membuat website
menjadi referensi pembaca di dunia maya atau tidak.
Ditinjau dari segi bahasa Keyword dapat diartikan sebagai kata kunci adalah
kata atau konsep dengan arti khusus, khususnya setiap kata digunakan sebagai
tombol untuk kode atau digunakan dalam buku pedoman untuk link ke kata lain
atau informasi lainnya. Yah kalo dalam kehidupan sehari-hari Keyword ini dapat
diibaratkan sebagai kunci untuk menuju suatu ruangan yang dalam dunia online
biasanya merupakan isi artikel dari sebuah website atau blog.
Keyword itu penting dan berguna terutama untuk SEO. Dimana dengan kemampuan
memilih kata kunci yang tepat setiap kali menulis artikel dapat memberikan efek
yang dahsyat terutama mendatangkan traffik berlimpah dari mesin pencari. Karena
itulah banyak istilah-istilah keyword yang sering kita dengar salah satunya
“Riset Keyword”. Secara umumnya aktivitas ini di tujukan untuk mencari dan
membidik kata kunci yang tepat, dengan harapan artikel yang di posting bisa
berada pada peringkat terbaik yaitu halaman utama hasil pencarian.
B.
Jenis-Jenis Keyword
1. Keyword Global
Keyword global adalah keyword yang
menggunakan kata-kata yang umum digunakan dengan target yang luas dan belum
spesifik. Keyword ini biasanya digunakan untuk toko online yang memberikan
banyak layanakan kategori sehingga barang yang ditawarkannya sangat variatif
dan banyak. Tujuan keyword global ini pun adalah menjaring pengunjung sebanyak
mungkin dari berbagai kalangan yang ada.
2. Keyword Targetted
Keyword Targeting adalah keyword yang
dibuat secara spesifik pada apa yang menjadi tujuan dari sebuah pencarian.
Keyword ini di buat untuk mendatangkan pengunjung yang potensial. Pengunjung
yang datang benar-benar akan mencari jawaban sesuai keyword targeting yang
dibuat oleh pemilik website, sehingga rata-rata bagi yang menggunakan keyword
targeting akan langsung melakukan penjualan produk dan jasa. Contoh Keyword
Targeting diantaranya adalah “jual mobil baru”, Jual Buku tua”, “jual novel
cinta”, “kursus masakan eropa”, “kursus marketing online”, “jual empek-empek
Palembang”, dll
Keyword Targetted dibagi lagi
menjadi 4 jenis diantaranya adalah :
a. Information keywords, seperti “cuaca di bandung”. Keyword ini digunakan
untuk orang-orang yang benar-benar mencari informasi ini. Rata-rata website
seperti ini mendapatkan pendapatan websitenya dari iklan yang ditayangkan.
b. Question Keywords, Keyword yang menggunakan pertanyaan sebagai dasar
pencarian dalam website, Question Keyword dapat muncul pada pencarian mesin
sebagai referensi pencarian di google dan bing. Contoh Question Keyword Seperti
“bagaimana menurunkan berat badan ?”
c. Review Keywords, Keyword seperti ini digunakan oleh orang-orang yang ingin
mencari informasi sebuah produk sebelum memutuskan pembeli. Pembeli tentu akan
mencari informasi sebuah produk yang dibeli, apalagi harga produk yang dijual
lumayan mahal seperti Handphone, motor sampai mobil. Contoh dari Review keyword
seperti “Iphone X”.
d. Lead Keyword, lead keyword digunakan oleh pemilik sebuah website untuk
menjual barang secara spesifik. Ketika seseorang sudah memutuskan untuk membeli
orang tersebut akan segera mencari tempat membeli terbaik dengan berbagai macam
latar belakang. Lead keyword sangat diperlukan bagi website yang memang tujuan
utamanya adalah menjual. Contoh dari lead keyword seperti “Jual IPhone X” atau
“Tempat kursus Bisnis online”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar