Rabu, 27 Juli 2022

BISNIS ONLINE KELAS 12, BAB 3

 

 

BAB 3

MEMBUAT IKLAN ONLINE BERBASIS KEY WORD

 

 

A.   Keyword

Keyword adalah kumpulan kata-kata yang digunakan untuk menemukan halaman pada website atau blog. Pemilihan keyword yang tepat akan menentukan posisi sebuah website atau blog pada pencarian di mesin pencarian seperti google atau bing. Sehingga keyword merupakan faktor yang penting dalam membuat website menjadi referensi pembaca di dunia maya atau tidak.

Ditinjau dari segi bahasa Keyword dapat diartikan sebagai kata kunci adalah kata atau konsep dengan arti khusus, khususnya setiap kata digunakan sebagai tombol untuk kode atau digunakan dalam buku pedoman untuk link ke kata lain atau informasi lainnya. Yah kalo dalam kehidupan sehari-hari Keyword ini dapat diibaratkan sebagai kunci untuk menuju suatu ruangan yang dalam dunia online biasanya merupakan isi artikel dari sebuah website atau blog.

Keyword itu penting dan berguna terutama untuk SEO. Dimana dengan kemampuan memilih kata kunci yang tepat setiap kali menulis artikel dapat memberikan efek yang dahsyat terutama mendatangkan traffik berlimpah dari mesin pencari. Karena itulah banyak istilah-istilah keyword yang sering kita dengar salah satunya “Riset Keyword”. Secara umumnya aktivitas ini di tujukan untuk mencari dan membidik kata kunci yang tepat, dengan harapan artikel yang di posting bisa berada pada peringkat terbaik yaitu halaman utama hasil pencarian.

B.   Jenis-Jenis Keyword

1.    Keyword Global

Keyword global adalah keyword yang menggunakan kata-kata yang umum digunakan dengan target yang luas dan belum spesifik. Keyword ini biasanya digunakan untuk toko online yang memberikan banyak layanakan kategori sehingga barang yang ditawarkannya sangat variatif dan banyak. Tujuan keyword global ini pun adalah menjaring pengunjung sebanyak mungkin dari berbagai kalangan yang ada.

2.    Keyword Targetted

Keyword Targeting adalah keyword yang dibuat secara spesifik pada apa yang menjadi tujuan dari sebuah pencarian. Keyword ini di buat untuk mendatangkan pengunjung yang potensial. Pengunjung yang datang benar-benar akan mencari jawaban sesuai keyword targeting yang dibuat oleh pemilik website, sehingga rata-rata bagi yang menggunakan keyword targeting akan langsung melakukan penjualan produk dan jasa. Contoh Keyword Targeting diantaranya adalah “jual mobil baru”, Jual Buku tua”, “jual novel cinta”, “kursus masakan eropa”, “kursus marketing online”, “jual empek-empek Palembang”, dll

          Keyword Targetted dibagi lagi menjadi 4 jenis diantaranya adalah :

a.     Information keywords, seperti “cuaca di bandung”. Keyword ini digunakan untuk orang-orang yang benar-benar mencari informasi ini. Rata-rata website seperti ini mendapatkan pendapatan websitenya dari iklan yang ditayangkan.

b.    Question Keywords, Keyword yang menggunakan pertanyaan sebagai dasar pencarian dalam website, Question Keyword dapat muncul pada pencarian mesin sebagai referensi pencarian di google dan bing. Contoh Question Keyword Seperti “bagaimana menurunkan berat badan ?”

c.     Review Keywords, Keyword seperti ini digunakan oleh orang-orang yang ingin mencari informasi sebuah produk sebelum memutuskan pembeli. Pembeli tentu akan mencari informasi sebuah produk yang dibeli, apalagi harga produk yang dijual lumayan mahal seperti Handphone, motor sampai mobil. Contoh dari Review keyword seperti “Iphone X”.

d.    Lead Keyword, lead keyword digunakan oleh pemilik sebuah website untuk menjual barang secara spesifik. Ketika seseorang sudah memutuskan untuk membeli orang tersebut akan segera mencari tempat membeli terbaik dengan berbagai macam latar belakang. Lead keyword sangat diperlukan bagi website yang memang tujuan utamanya adalah menjual. Contoh dari lead keyword seperti “Jual IPhone X” atau “Tempat kursus Bisnis online”.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar