Rabu, 27 Juli 2022

BISNIS ONLINE KELAS 12, BAB 1

 

MERANCANG IKLAN ONLINE

 

Kompetensi Dasar :

 

3.11 Merancang iklan online

4.11 Membuat iklan online

 

MATERI

IKLAN ONLINE

A.    Pengertian Iklan Online

Iklan Online adalah Iklan yang dipromosikan melalui jaringan Internet, sedankan toko online adalah arana tempat berbelanja jual beli yang didalamnya berisi iklan yang menawarkan produk dan jasa. Situs website salah satu tempat yang dijadikan sebagai toko online.

     Selain itu pengentian Iklan online juga ;

  1. Iklan online atau Online Advertising adalah Info atau pesan yang disampaikan kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Info atau pesan bisa berupa produk, Perusahaan atau gagasan.
  2. Iklan Online adalah upaya pemasaran online dengan menampilkan sebuah situs web pada hasil pencarian search engine dengan cara berbayar. Iklan online juga biasa digambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau jasa lewat dunia maya, yang tujuannya tidak lain adalah untuk meraih keuntungan dari kegiatan penjualan.

B.     Jenis-jenis Iklan Online

Dibawah ini merupakan jenis-jenis iklan online yang sering dijumpai ketika kita sedang berselancar di dunia maya :

1.      Direct Advertising

Di mana pemasang iklan dan pemilik media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan atau inisiatif promosi lainnya.

Kelebihan direct advertising ini proses promosinya cepat.

Kekurangannya yaitu jarang orang yang berkunjung untuk membeli produk online.

Dibawah ini merupakan salah satu contoh Direct Advertising dari website Oz Radio Bandung

 

 

 

Alasan : menurut saya gambar diatas termasuk direct adverising karena di dalam website http://www.ozradiobandung.com menyediakan space iklan bagi para calon yang berminat untuk memasang iklan di website tersebut yang diperkuat dengan tulisan “advertise here”, kemudian oz radio Bandung juga mempermudah bagi calon pengiklan dengan membuat tulisan “contact us” sehingga calon pemasang iklan dan pemilik media dapat berkontak langsung. Space iklan yang disediakan berada di bagian atas website dengan ukuran 670 X 100.

2.       Self-service Advertising

Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online.

Kelebihan Self-service Advertising yaitu pemasang iklan sesuai dengan apa yang di tampilkan di iklan dan barang tersebut merupakan barang dari prouknya sendiri

Kekurangan Self-service Advertising salah satunya yaitu banyak barang yang hampir menyerupai barang yang di pasarkan sehingga orang bisa melihat sebelah mata.

Berikut adalah salah satu contoh self-service advertising dari website http://www.smartfren.com

 

 

Alasan : mengapa saya mengatakan ini adalah self-service advertising karena si pengiklan bebas menentukan seberapa besar iklan dan tampilan iklan itu sendiri mulai dari tulisan, warna hingga posisi dan yang terpenting adalah semua itu dilakukan sendiri

3.      Ad Networks.

Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin
Kelebihannya yaitu biaya pemasangan iklan ini tergolong murah,
Kekurangannya yaitu tidak banyak orang mengenal dan jarang orang masuk kedalam situs tersebut.

Dibawah ini merupakan contoh dar Ad Networks yang di ambil dari website http://www.stafa.com:

 

 

LATIHAN  SOAL

1.      Iklan banner yang dijual kepada firma hukum pada tahun 1993 oleh global network navigator adalah yang pertama di klik. merupakan pendapat menurut....
a. Kamus besar bahasa indonesia
b. Wikipedia
c. Malhotra
d. Siswanto Sutoyo
e.Data dari redwing

 

2.      Ada 3 langkah dalam menciptakan permintaan konsumen, salah satunya menginformasikan. yang terdapat pada tujuan iklan online yaitu....
a. Menginformasikan konsumen tentang merk-merk baru
b. Membangun kesadaran merk
c. Menjangkau pelanggan baru dan menciptakan permintaan konsumen
d. Membujuk konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang di iklankan
e. Membangun loyalitas konsumen

 

 

3.      Keuntungan iklan online diantaranya, kecuali....
a. Kecepatan koneksi
b. Tidak ada tanggal kadaluarsa
c. Kualitas paparan
d. Kebebasan
e. Biaya

 

4.      Iklan yang berupa teks link yang cara kerjanya adalah dengan menganalisa halaman website anda secara berkelanjutan disebut iklan....
a. Iklan daftar lokal.
b. Iklan konten.
c. Iklan direktori online.
d. Iklan kontekstual.
e. Iklan link.

 

5.       Iklan ini ditampilkan dihalaman web dengan target individu tertentu disebut iklan....
a. Iklan daftar lokal.
b. Iklan konten.
c. Iklan direktori online.
d. Iklan kontekstual.
e. Iklan link.

 

6.    1. Iklan link.
 2. klan kontekstual.
 3. Iklan konten.
 3.  contoh iklan diatas merupakan jenis iklan online yaitu....

a.       Iklan display.
b. Iklan banner.
c. Iklan rich media.
d. Iklan teks.
e. Iklan media sosial.

 

7.      Berikut ini yang termasuk penyedia iklan online gratis, kecuali....
      a. www.bandungspace.com

a.        www.bandung.olx.co.id

b.      www. berniaga.com

c.       www.GoArticles.com

d.      www.tokobagus.com

 

8.      Salah satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi, dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan digital. merupakan pengertian E-commerce menurut pendapat....
a. Association for electrronic commerce (AEC)
b. Hartman.
c. Kalangan akademis.
d. Peter fingar.
e. Commercenet

9. 1. suplier
    2. distributor
    3. partner
    4. customer
        4 jenis contoh relasi dalam dunia bisnis sebuah perusahaan merupakan pendapat menurut....
a. Association for electronic commerce (AEC)
b. Hartman
c. Kalangan akademis
d. Peter fingar
e. Commercenet

 

10    Ada  4 faktor utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam E-commerce kecuali....
a. Menambahkan produk pembuat.
b. Daur hidup produk
c. Situasi ekonomi
d. Penggunaan media online
e. Posisi persaingan perusahaan di pasar

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar