MERANCANG
IKLAN ONLINE
Kompetensi Dasar :
3.11 Merancang iklan online
4.11 Membuat iklan online
MATERI
IKLAN ONLINE
A. Pengertian Iklan Online
Iklan Online adalah Iklan yang dipromosikan melalui
jaringan Internet, sedankan toko online adalah
arana tempat berbelanja jual beli yang didalamnya berisi iklan yang
menawarkan produk dan jasa. Situs website salah satu tempat yang dijadikan
sebagai toko online.
Selain itu pengentian Iklan online juga ;
- Iklan
online atau Online Advertising adalah Info atau pesan yang disampaikan
kepada khalayak umum dengan tujuan untuk mengenalkan, Mengajak, Membujuk
agar khalayak umum atau Masyarakat ikut pada suatu ajakan tertentu yang
terpasang dan bisa terlihat pada jaringan internet. Info atau pesan bisa
berupa produk, Perusahaan atau gagasan.
- Iklan
Online adalah upaya pemasaran online dengan menampilkan sebuah situs web
pada hasil pencarian search engine dengan cara berbayar. Iklan online juga
biasa digambarkan sebagai kegiatan memasang iklan untuk menawarkan produk atau
jasa lewat dunia maya, yang tujuannya tidak lain adalah untuk meraih
keuntungan dari kegiatan penjualan.
B.
Jenis-jenis Iklan
Online
Dibawah ini merupakan jenis-jenis iklan online yang sering
dijumpai ketika kita sedang berselancar di dunia maya :
1. Direct Advertising
Di mana pemasang iklan dan pemilik
media berhubungan langsung dan menandatangani kontrak untuk menampilkan iklan
atau inisiatif promosi lainnya.
Kelebihan direct advertising ini
proses promosinya cepat.
Kekurangannya yaitu jarang orang
yang berkunjung untuk membeli produk online.
Dibawah ini merupakan salah satu
contoh Direct Advertising dari website Oz Radio Bandung
Alasan : menurut saya gambar
diatas termasuk direct adverising karena di dalam website
http://www.ozradiobandung.com menyediakan space iklan bagi para calon yang
berminat untuk memasang iklan di website tersebut yang diperkuat dengan tulisan
“advertise here”, kemudian oz radio Bandung juga mempermudah bagi calon
pengiklan dengan membuat tulisan “contact us” sehingga calon pemasang iklan dan
pemilik media dapat berkontak langsung. Space iklan yang disediakan berada di
bagian atas website dengan ukuran 670 X 100.
2. Self-service Advertising
Pendekatan iklan baru di mana
materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh
pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online.
Kelebihan Self-service Advertising
yaitu pemasang iklan sesuai dengan apa yang di tampilkan di iklan dan barang
tersebut merupakan barang dari prouknya sendiri
Kekurangan Self-service
Advertising salah satunya yaitu banyak barang yang hampir menyerupai barang
yang di pasarkan sehingga orang bisa melihat sebelah mata.
Berikut adalah salah satu contoh
self-service advertising dari website http://www.smartfren.com
Alasan :
mengapa saya mengatakan ini adalah self-service advertising karena si pengiklan
bebas menentukan seberapa besar iklan dan tampilan iklan itu sendiri mulai dari
tulisan, warna hingga posisi dan yang terpenting adalah semua itu dilakukan
sendiri
3. Ad
Networks.
Sebuah
jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan
dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan
kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar
sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin
Kelebihannya yaitu biaya pemasangan iklan ini tergolong murah,
Kekurangannya yaitu tidak banyak orang mengenal dan jarang orang masuk kedalam
situs tersebut.
Dibawah ini merupakan contoh dar
Ad Networks yang di ambil dari website http://www.stafa.com:
LATIHAN SOAL
1. Iklan
banner yang dijual kepada firma hukum pada tahun 1993 oleh global network
navigator adalah yang pertama di klik. merupakan pendapat menurut....
a. Kamus besar bahasa indonesia
b. Wikipedia
c. Malhotra
d. Siswanto Sutoyo
e.Data dari redwing
2. Ada
3 langkah dalam menciptakan permintaan konsumen, salah satunya
menginformasikan. yang terdapat pada tujuan iklan online yaitu....
a. Menginformasikan konsumen tentang merk-merk baru
b. Membangun kesadaran merk
c. Menjangkau pelanggan baru dan
menciptakan permintaan konsumen
d. Membujuk konsumen untuk mencoba produk dan jasa yang di iklankan
e. Membangun loyalitas konsumen
3. Keuntungan
iklan online diantaranya, kecuali....
a. Kecepatan koneksi
b. Tidak ada tanggal kadaluarsa
c. Kualitas paparan
d. Kebebasan
e. Biaya
4. Iklan
yang berupa teks link yang cara kerjanya adalah dengan menganalisa halaman
website anda secara berkelanjutan disebut iklan....
a. Iklan daftar lokal.
b. Iklan konten.
c. Iklan direktori online.
d. Iklan kontekstual.
e. Iklan link.
5. Iklan ini ditampilkan dihalaman web dengan
target individu tertentu disebut iklan....
a. Iklan daftar lokal.
b. Iklan konten.
c. Iklan direktori online.
d. Iklan kontekstual.
e. Iklan link.
6. 1.
Iklan link.
2. klan kontekstual.
3. Iklan konten.
3. contoh iklan diatas merupakan
jenis iklan online yaitu....
a. Iklan
display.
b. Iklan banner.
c. Iklan rich media.
d. Iklan teks.
e. Iklan media sosial.
7. Berikut
ini yang termasuk penyedia iklan online gratis, kecuali....
a. www.bandungspace.com
b. www.
berniaga.com
8. Salah
satu cara memperbaiki kinerja dan mekanisme pertukaran barang, jasa, informasi,
dan pengetahuan dengan memanfaatkan teknologi berbasis jaringan peralatan
digital. merupakan pengertian E-commerce menurut pendapat....
a. Association for electrronic commerce (AEC)
b. Hartman.
c. Kalangan akademis.
d. Peter fingar.
e. Commercenet
9. 1. suplier
2. distributor
3. partner
4. customer
4 jenis contoh relasi dalam dunia bisnis sebuah
perusahaan merupakan pendapat menurut....
a. Association for electronic commerce (AEC)
b. Hartman
c. Kalangan akademis
d. Peter fingar
e. Commercenet
10 Ada
4 faktor utama yang menyebabkan
terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran dalam E-commerce kecuali....
a. Menambahkan produk pembuat.
b. Daur hidup produk
c. Situasi ekonomi
d. Penggunaan media online
e. Posisi persaingan perusahaan di pasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar