Rabu, 27 Juli 2022

BISNIS ONLINE KELAS 12, BAB 2

 

BAB 2

MENGANALISA PEMDISTRIBUSIAN IKLAN ONLINE

 

 

Kompetensi Dasar :

 

3.12 Menganalisa pendistribusian  iklan  online

4.12 Mendistribusikan iklan online

 

 

 

MATERI

 

PENDISTRIBUSIAN IKLAN ONLINE

 

 

 

 

Website menjadi komponen penting dalam mendistribusikan iklan online, dalam sebuah website terdapat alat untuk menempatkan iklan secara efektif. Mendistribusikan iklan online pada website secara efektif akan meningkatkan promosi bisnis anda. Selain itu, pendistribusian iklan online juga dapat dilakukan pada media sosial, search engine, forum, dan blog. Menurut internetworldstats.com, pengguna internet di seluruh dunia saat ini mencapai 3,631,124,813 orang. Jangkauan yang luas menjadikan internet sebagai media promosi efektif.

Potensi besar pengguna internet marketing di dunia menjadikan pendistribusian iklan online menjadi modal utama dalam membuat sebuah iklan dapat disaksikan dan mendapatkan respon dari pengguna internet. Beberapa perusahaan melakukan pendistribusian iklan online secara bersamaan agar sebuah iklan online dapat memenuhi tujuan pemasaran dan meningkatkan penjualan.

Selain itu, iklan online yang tidak didistribusikan dengan perencanaan yang baik akan menyebabkan sebuah perusahaan akan merugi lantaran biaya yang tidak terkontrol. Kedua aspek yaitu baik secara bersamaan dan mengontrol pengeluaran iklan online menjadi perpaduan yang sangat diperlukan. Sebagai contoh terdapat perusahaan yang membayar ratusan juta agar iklan nya dapat muncul pada pencarian pertama google (search engine) lalu seiring berjalannya waktu perusahaan melakukan langkah-langkah periklanan yang lebih efisien. Hingga mendapatkan formulasi periklanan online yang baik. Sehingga biaya yang dikeluarkan tidak membengkak seperti sebelumnya, hanya butuh pengeluaran yang tidak sampai puluhan juta namun efektifitas sama, dan keuntungan perusahaan tetap berlipat.

Model Pembayaran Iklan Online

Pembayaran iklan online merupakan salah satu cara agar pendistribusian iklan berjalan secara efektif. Iklan terdistribusi dengan baik membutuhkan metode pembayaran yang berbeda-beda antara satu iklan dengan iklan yang lain. Sebagai contoh ada iklan yang dibayar setelah terdapat pengunjung didalamnya (Pay Per Click) namun ada iklan yang hanya dibayar bila ada penjualan yang dihasilkan atau fee pembayaran dari setiap pembelian sebuah produk.

Karakteristik yang berbeda ini dipadukan dalam sebuah model pembayaran iklan online, Dibawah ini adalah model pembayaran iklan online :

Pay Per Impression

Pengiklan ini harus membayar setiap kali iklan tampil pada halaman web penyedia iklan. Cara yang paling umum untuk model ini adalah CPM (Cost Per Mill) atau biaya per seribu tayangan (cost per seribu). Berapa website memberlakukan iklan jenis ini dimana iklan hanya akan dibayar jika mencapai batas hitungan misalnya seribu klik atau per mill. Hal ini bertujuan untuk menarik para advertiser/pengiklan agar mau memasangkan iklan nya pada website publisher.

https://www.indiamart.com/proddetail/cost-per-impression-advertising-7148683348.html

CPM merupakan bentuk penyebaran yang menguntungkan penyedia iklan, biasanya website dengan triffic tinggi. Contoh : portal web seperti www.msn.com , website berita seperti republika.co.id atau detik.com masuk dalam kategori model pembayaran iklan menggunakan pay per impression.

Pay Per Click

Pengiklan membayar pemasang iklan setiap kali pengunjung mengklik pesan mereka (cost per click). Iklan PPC biasanya berkaitan dengan pemasaran pencarian berbayar, dimana bila sebuah publisher mendapatkan pengunjung baru setiap perpengunjung itulah yang menjadi tarif yang di tetapkan . bila kita mempunyai website yang baru dibuat tentu kita membutuhkan banyak penunjung, cara yang paling efektif agar pengunjung dapat datang sesuai dengan kategori yang telah kita tentukan adalah dengan menggunakan moder periklanan pay per click seperti pada google adsword. Periklanan menggunakan google adsword sendiri mentarifkan sebuah iklan berdasarkan berapa banyak pengunjung yang dihasilkan.

https://www.indiamart.com/proddetail/pay-per-click-service-19614863588.html

Pay Per Action

Pengiklan harus membayar untuk iklan mereka bila pengunjung telah melakukan tindakan yang diinginkan (cost per action) misalnya, pembelian atau pengiriman formulir(konsumen mengisi formulir). Metode pembayaran ini adalah cara terbaik untuk pengiklan karena mereka hanya membayar bila iklan telah memenuhi tujuannya. Setiap aksi yang dilakukan oleh konsumen seperti mengisi biodata, atau mengisi alamat email baru sebuah iklan akan dikenakan tarif, namun bila pengunjung hanya akan melihat-lihat saja tarif tidak akan dikenakan pada pengiklan.

Pay Per Sale

Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah produk atau layanan yang berhasil terjual melalui link ditampilkan affiliator. Metode affiliasi ini adalah dimana perusahaan membuka jalan seseorang untuk memberikan link agar menarik pembeli, setiap pembelian yang dilakukan akan mengarah pada kode referral (kode unik pengiklan ) dimana setiap pembelian yang terjadi, orang yang memiliki kode referral tersebut akan mendapatkan fee/ komisi dari penjualan yang dihasilkan. Bagi beberapa orang yang menggeluti dunia online marketing maka akan memanfaatkan model periklanan seperti ini, sebab orang yang mengikuti model periklanan ini tidak dibutuhkan modal yang besar seperti membayar biaya registrasi dan sebagainya, cukup memiliki akses internet untuk melakukan pemasaran. Contoh perusahaan yang menerapkan model periklanan ini adalah perusahaan e-commerce seperti amazon.com, lazada.co.id, dan alibaba.com

salah satu contoh affiliasi pada pay per sales . sumber : http://seekersmatch.com/news/item/512-affiliate-cookie-duration

Pay Per Lead

Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan jumlah orang yang telah mengisi form (isian), survey, atau sign up untuk menjadi member pada website pemilik program affiliate. Pengenaan tarif pada iklan ini dikhususkan pada membership bagi setiap pendapatan iklan. Bila kita banyak berselancar pada sebuah website akan ada ajakan untuk mengikuti sebuah website bahkan mendaftar sebuah website, bila menemukan hal tersebut kita telah diarahkan untuk menjadi konsumen yang akan menjadi pendapatan bagi penyedia iklan. Cara ini juga dianggap menarik untuk para publisher atau orang yang menyebarkan sebuah iklan untuk mendapatkan penghasilan. Contoh dari model iklan online ini adalah http://www.shareasale.com/

mekanisme iklan pada pay per lead. Sumber : https://www.plexdubai.com/pay-per-lead/

 

Pay Per Download

Model pembayaran ini memberikan komisi berdasarkan orang yang mendownload file atau produk yang ditawarkan penyelenggara affiliate. Dalam menggambarkan model periklanan ini, mari kita jawab pertanyaan ini. Apakah anda pernah mendownload sebuah aplikasi atau software, apakah anda harus membayar ketika mendownload software tersebut? Lalu mengapa mereka memberikannya secara gratis?. Jawabannya tentu mereka memberikan software atau aplikasi tersebut tidak secara Cuma-Cuma, para pemberi software tersebut berharap mendapatkan mendapatkan uang dari setiap downloadan. Pendapatannya bisa didapatkan dari sebuah iklan yang muncul sebelum mendownload atau dari iklan pop up. Contooh dari website ini adalah www. scribd.com untuk dokumen dan www.linkshared.com untuk aplikasi dan sejenisnya. mekanisme pay per download.

 

 

Sumber : https://top1id.blogspot.com/2017/06/7-daftar-situs-paid-per-download.html

Pay Per Play

Model pembayaran ini memberikan komisi sesuai dengan jumlah orang yang memutar audio ataupun video yang ditampilkan oleh affiliator. Bila kita pernah membuka website kemudian ada sebuah video ataupun audio yang muncul, kemungkinan itu adalah model periklanan pay per play. Saat ini yang sering kita temui untuk iklan jenis ini adalah youtube.com dimana kita akan diarahkan menonton sebuah iklan sebelum menyaksikan sebuah video, bila kita membiarkan iklan itu tampil maka youtube secara otomatis mengenakan tarif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar