SINOPSIS ISI VIDEO
Mata Pelajaran
: Pelayanan Penjualan (Produktip Pemasaran)
Guru Mata Pelajaran : Rodiyah,
S.Pd, M.Pd
Durasi : 20 Menit
Video
ini berisi proses kegiatan belajar mengajar di kelas XII Pemasaran SMKN 11 Kota
Bandung dengan model pembelajaran discovery learning dengan metode ceramah,
tanya jawan dan role play oleh siswa menggunakan bahan ajar ‘video scribe’
untuk diamati oleh siswa dan selanjutkan dianalisis dan dipraktekan dengan bermain
peran (role play) di market (Laboratorium produktip pemasaran)
Proses
kegiatan belajar mengajar :
1.
Pembukaan
(durasi 3 menit).
Berisikan pembukaan kegiatan proses
belajar mengajar dimana Guru memulai kegiatan ini dengan doa dan mempersiapkan
siswa untuk memulai belajar dengan baik, memotivasinya serta menjelaskan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai dengan baik.
2.
Kegiatan
inti (durasi 15 menit)
Berisikan kegiatan siswa mulai dari
pengamatan terhadap VideoScribe yang ditayangkan guru sebagai salah satu bahan ajar yang dibuat untuk menarik siswa
sehingga siswa tidak boring pada jam
pembelajaran disiang hari.
Guru juga menjelaskan dan memberikan
kepada siswa untuk bertanya ketika ada hal-hal yang tidak dimengerti.
Guru mengekplorasi siswa dengan memberikan kesempatan melakukan praktek pelayanan penjualan di
market sehigga siswa benar-benar memahami dan memiliki keterampilan dalam
pelayanan penjualan dengan metode bermain peran (role play), selanjutnya
mengasosiasikan dimana siswa mengkaitkan pengertian pelayanan penjualan dengan
penerapan kegiatan sehari-hari, selanjutnya mengkomunikasikan dimana secara
acak siswa dipilih untuk memaparkan hasil analisa mengenai hubungan pelayanan
penjualan dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Penutup
(durasi 2 menit)
Guru memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menyimpulkan tentang pengertian pelayanan penjualan dan menugaskan siswa untuk mencari
informasi mengenai unsur-unsur pelayanan penjualan, selanjutnya guru mengakhiri
kegiatan belajar mengajar ditutup dengan doa bersama dan mengucapkan salam.
Harapan
saya dengan model pembelajaran seperti ini dapat menciptakan pembelajaran yang
menyenangkan dan berbobot sehingga siswa
mendapat pengalaman baru dan tidak bosan belajar apalagi pembelajaran dilaksanakan
pada waktu siang hari ( 3 jam terakhir) menjelang pulang sekolah.
Bandung, 19 April
2017
Rodiyah, S.Pd, M.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar